Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!


25 Anggota AJI Pinang Ikut Pelatihan Google News Initiative

Tampak narasumber memaparkan materi dalam pelatihan Google News Initiativ di Hotel Pelangi dan Resort Tanjungpinang, Sabtu (3/11/2018). Foto prokepri.com.

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Sebanyak 25 orang anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang dan Batam mengikuti pelatihan Google News Initiative di Hotel Pelangi dan Resort, Sabtu (3/11/2018). Kegiatan ini akan berlangsung hingga besok 4 November 2018.

Dalam sambutannya, Ketua AJI Kota Tanjungpinang, Jailani mengucapkan terimakasih kepada tim Google bersama AJI Indonesia menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai salah satu lokasi diselenggarakan pelatihan tersebut. Karena, menurutnya, tidak semua kota di Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah.

“Bersyukur Tanjungpinang salah satu tempat yang dijadikan lokasi pelatihan ini. Semoga melalui kegiatan ini, tentunya para jurnalis baik online, cetak dan televisi yang menjadi anggota AJI mendapatkan ilmu bermanfaat seputar google news,” kata Jailani.

Senada dengan itu, Sekretaris AJI Tanjungpinang, Sutana berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap dunia jurnalis yang prpfesional, kompetitif, akurat plus berimbang, dimana saat ini, sebut dia, maraknya penyebaran hoaks secara masif di media sosial dan lainnya.

“Informasi itu harus diverifikasi. Guna mengetahui mana yang hoaks dan mana yang benar. Sebagai jurnalis harus mengetahuinya dan mengeshare ilmunya guna mengedukasi masyarakat,” imbaunya.

Pelatihan ini merupakan kerja sama AJI Indonesia dengan Google News Initiative dan Internews. Agenda yang bertajuk ‘Google News Initiative Training Network’, fokus mengasah keterampilan jurnalis untuk memanfaatkan sejumlah tools di internet guna verifikasi secara online yang banyak beredar di dunia maya (false news, fake news, hoax).

Peserta juga mempelajari berbagai materi bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data, serta beragam tools menarik lainnya yang dapat digunakan untuk melakukan investigasi secara online.

Google News Initiative Training Network digelar sepanjang tahun 2018 di berbagai wilayah di Indonesia seperti: Jakarta, Lampung, Bali, Bandung, Semarang, Medan, Makasar, Surabaya, Ambon, Kupang, Jayapura, Palembang, Kendari, Pekanbaru, Pontianak, Mandar, Banda Aceh, dan Balikpapan.

Pelatihan ini terbuka bagi jurnalis dari berbagai platform media (cetak, online, televisi, dan radio) yang bekerja di beberapa wilayah tersebut.

Adapaun narasumber kegiatan ini yakni Fahrurrozi dari AJI Pekanbaru dan Ocha dari AJI Padang. Mereka merupakan anggota AJI yang sudah mendapatkan sertifikat trainer dari Google. (*)

Editor : DRI

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.