Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!


Sekdako Pinang Pimpin Forsesdasi Kepri

Sekdako Tanjungpinang Riono

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M.Si dilantik oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau sebagai Ketua Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Kepulauan Riau periode 2018-2021 di CK Hotel, Selasa (4/12).

Forsesdasi ini beranggotakan seluruh Sekretaris Daerah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kepri. Selain Riono, dilantik juga beberapa pengurus lainnya seperti Sekdako Batam H. Jefridin, M.Pd sebagai Wakil Ketua, sedangkan Sekdakab Bintan Adi Prihantara sebagai Sekretaris. Sekdakab Natuna, Wan Siswandi menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Hukum, Sekdakab Karimun Drs. M Firmansyah sebagai Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Manusia, Sekdakab Anambas Syahtiar, MM sebagai Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Sekdakab Lingga Drs. H. M. Juramadi Esram, SH, MT, MH sebagai Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Kepri, H. Isdianto, S.Sos, MM mengatakan bahwa sukses atau tidak reformasi birokrasi di daerah sepenuhnya berada di tangan para Sekda yang ada. Oleh sebab itu, lanjut Isdianto, seorang Sekda harus mampu menjadi koki yang baik karena setiap saat selalu dihadapkan dengan daftar menu yang berbeda-beda.

“Pesan saya agar para Sekda mampu menjadi koki yang baik. Ingat setiap waktu menu yang harus disajikan selalu berbeda-beda. Enak atau tidak rasa makanan yang dihasilkan tergantung kepada para Sekda,” kata Isdianto.

Selain itu, Sekda juga harus mampu menjadi pemersatu dan apapun kebijakan harus yang pro masyarakat dan pro ASN. Setiap peraturan yang dibikin sebisa mungkin tidak terlalu menekan ASN karena iklim setiap daerah itu saling berbeda-beda sehingga tidak bisa pola pikir ASN disama ratakan satu daerah dengan daerah lainnya.

“Intinya saya berharap Forsesdasi ini tidak hanya sekedar wadah silaturaim saja. Tetapi harus menghasilkan yang lebih dari itu. Dan saya ingatkan juga bahwa Sekda adalah contoh bagi para ASN. Makanya harus beri contoh yang baik. Baik dalam masalah disiplin, pekerjaan dan lainnya. Tujuannya satu, yakni agar Pemprov Kepri ini nanti menjadi lebih baik,” tegas Isdianto.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri Dr. H. TS Arif Fadillah, S.Sos, M.Si yang juga sebagai wakil ketua bidang ekonomi dan pembangunan Forsesdasi pusat, dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Forsesdasi merupakan wadah silaturahim dan kebersamaan antar sesama Sekda. Menurutnya, melalui forum inilah para Sekda saling bertukar wawasan, pengetahuan dan saling memberikan masukan. Hal ini berkaitan karena setiap saat selalu ada aturan-aturan yang berganti.

“Para Sekda dituntut untuk banyak tahu. Karena tugas sekda adalah membantu Kepala Daerah dalam menyelesaikan administrasi. Serta memberikan pelayana dan memperbaiki reformasi birokrasi,” kata Arif Fadillah.

Riono saat ditemui disela acara, mengucapkan syukur dan mengatakan amanah sebagai ketua Forsesdasi ini cukup berat.

“Saya berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. Ini merupakan amanah yang cukup berat. Saya berharap tugas-tugas sebagai sekda dapat dijalankan sesuai tugas pokok dan fungsi serta komitmen yang telah ditandatangani bersama Wakil Gubernur untuk mewujudkan birokrasi dan pelayanan yang prima untuk masyarakat,” ungkap Riono.

Selain itu, Riono juga menambahkan tugas sebagai sekda bukan sekedar untuk membantu kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan, akan tetapi sekda memiliki peran vital dalam menentukan keharmonisan antar OPD yang ada.

“Tugas sekda bukan hanya mengatur jalannya roda pemerintahan, pengaturan anggaran dan administrasi pemerintahan lainnya. Tetapi bagaimana membangun sinergisitas dan keharmonisan antar OPD agar dapat bekerja secara maksimal dan profesional sesuai dengan tupoksi yang ada,” tutup Riono.

Usai pengukuhan acara dilanjutkan dengan forum diskusi dengan menghadirkan beberapa narasumber. Salah satu narasumbernya adalah Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Dr. Hm Suhajar Diantoro yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau dan juga Rektor IPDN. (hms)

Editor : MUD

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.