Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!


Stisipol Tuan Rumah Peringatan Hari AIDS Sedunia

Ilustrasi stop HIV/AIDS

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalu Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang melaksanakan peringatan Hari Aids Sedunia 2018 di Halaman Stisipol Raja Haji, Selasa (4/12)

Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP menyampaikan dalam arahannya Hari Aids sedunia yang diperingati setiap tahun dimaknakan sebagai peringatan atas tingginya kasus HIV di Indonesia.

“Untuk itu diperlukan perhatian, komitmen dan dukungan nyata dari semua pihak dalam mencegah dan mengendalikan HIV Aids. Penyebarluasan informasi yang benar tentang HIV Aids kepada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan peranan aktif dari masyarakat agar tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV Aids (ODHA),” ujar Rahma.

Salah satu pencegahan yang dapat diupayakan, tambah Rahma adalah pencegahan penularan dari ibu ke bayi, sehingga kita dapat menyelamatkan generasi mendatang yang terbebas dari virus HIV sekaligus menghindari terjadinya kekerdilan atau stunting pada bayi lahir dari ibu HIV.

“Maka dari itu dihimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat melakukan pemeriksaan test darah agar dapat meminimalisir resiko tertularnya HIV / Aids,” tambahnya.

Dengan mengetahui status kesehatan sejak dini, maka Rahma mengatakan dapat memulai sesegera mungkin untuk pengobatan ARV, yang merupakan satu-satunya obat HIV.

“Maka kesehatan dan kualitas hidup kita akan tetap terjaga, sehingga kita tetap produktif untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Mulai hari ini mari kita perilaku hidup sehat, serta menjaga diri dan pergaulan agar terhindar dari tertularnya HIV / Aids pada diri kita,” tutup Rahma.

Kepala Dinkesdalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM, M.Si menyampaikan bahwa peringatan hari Aids sedunia ini sangat penting dilaksanakan.
“Peringatan ini penting untuk dilaksanakan namun bukan sekedar peringatan tetapi harus berani untuk mencegah HIV/ Aids dengan berperilaku hidup sehat, agar dapat meminimalisir kasus kasus Aids di Indonesia khususnya di Kota Tanjungpinang,” ujar Rustam.

Ditambahkan oleh Rustam, hari ini adalah merupakan kegiatan puncak peringatan Hari Aids Sedunia tingkat Kota Tanjungpinang yang diawali dengan senam bersama yang dihadiri oleh 3.000 orang.

‘Kegiatan ini sengaja kita laksanakan di kampus Stisipol Raja Haji ini, karena perlu kita sadari bersama bahwa penularan HIV Aids ini sebagian besar tertular berasal dari kalangan remaja hingga dewasa. Untuk tahun 2018 telah terjadi sebanyak 117 kasus HIV / Aids dan 26 orang diantaranya sudah meninggal dunia, oleh karena itu melalui peringatan ini kami berharap para generasi muda dapat memahami serta dapat menjaga diri sendiri dan keluarga terdekat, dan masyarakat sekitar,” tutup Rustam.

Pada kegiatan ini, juga dilaksanakan pemeriksaan darah kepada mahasiswa / i Stisipol Raja Haji. Acara turut dihadiri oleh Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Pemko Tanjungpinang, Drs. H. Ahadi, Kepala OPD, Instansi Vertikal, Camat, Lurah serta Civitas Akademika Stisipol Raja Haji. (hms)

Editor : NDRA

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.