NATUNA

Kabupaten Natuna Terpilih Mendapatkan Program Workshop TBM Dari Kemendikbudristek

Kabupaten Natuna Mendapatkan Program Workshop Taman Bacaan Masyarakat.(Foto Ist)

PROKEPRI.COM,NATUNA – Dari 30 Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Indonesia, Kabupaten Natuna terpilih sebagai salah satu yang mendapatkan program Workshop penguatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

SKB dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesi (RI).

Demikian yang dikatakan Sekretaris Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal, saat dimintai keterangan oleh media ini. Selasa (10/8/2021).

Kata Faisal, dari 30 SKB, Natuna mendapatkan Gelombang I. Kemudian pelaksanaanya akan dimulai dari 16 hingga 18 Agustus 2021.

“Sebelum pelaksanaan tersebut dilakukan, pendampingan penguatan TBM di SKB, dimulai 9 sampai 15 Agustus 2021,” ucap Sekretaris Dinas pendidikan Kabupaten Natuna, yang juga di tunjuk sebagai pendamping TBM SKB Natuna.

Pendampingan TBM di SKB tahun 2021, kata Faisal dengan tujuan, membangkitkan kesadaran seluruh pengelola SKB beserta perangkat Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia,

Ihwal urgensi literasi untuk pemberdayaan masyarakat adalah,
membentuk kepengurusan TBM di SKB sebagai organisasi yang akan menjadi nahkoda gerakan literasi.

Pendampingan pengelolaan administrasi bahan bacaan dan sarana prasarana TBM di SKB,
pendampingan penyelenggaraan layanan membaca dan peminjaman buku serta ragam aktivitas literasi untuk meningkatkan hubungan kerjasama kolaborasi antara TBM di SKB dengan berbagai pihak, guna melakukan optimalisasi.

“Pemberdayaan masyarakat,
membuat rencana aksi pengembangan layanan TBM di SKB untuk tahun 2022-2023,” tambahnya.

Faisal berharap kegiatan ini alan berhasail, supaya bisa meningkatkan kesadaran para pengelola SKB beserta seluruh perangkat SDM yang tersedia, ihwal urgensi literasi untuk pemberdayaan masyarakat.

Selain itu juga sambung Faisal, terbentuknya kepengurusan TBM di SKB yang memiliki motivasi untuk menggelorakan gerakan literasi seperti, terciptanya tata kelola administrasi bahan bacaan dan sarana prasarana TBM di SKB, meningkatnya layanan literasi bagi warga belajar SKB dan masyarakat sekitar, terciptanya kolaborasi di dalam dan di luar SKB sebagai upaya optimalisasi penyelenggaraan kegiatan TBM serta
terwujudnya rencana aksi pengembangan layanan TBM di SKB sebagai program kerja tahun 2022-2023.

“Kegiatan pendampingan ini dibuka Senin (9/8/2021) secara daring oleh Dr. Samto, Direktur PMPK Kemendikbudristek,” pungkasnya.

SKB Natuna Bertempat di Padang Kurak, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur.(rud)

Editor: Muhammad Faiz

Back to top button