Sebab-Sebab Malas Ibadah Kultum Oleh Ust. Arifin Ilham

Ustadz Arifin Ilham

PROKEPRI.COM, DAKWAH –  Saudaraku sekalian yang dirahmati Allah. Pada kesempatan ini kita akan membahas sebab-sebab utama, orang malas beribadah.

Yang pertama karena lemahnya iman, dia belum kenal sama Allah, kalau belum kenal belum cinta sama Allah, maka jangan harapkan dia semangat dalam ibadah, orang gak kenal gak cinta apa yang mau dikorbankan? Yang ada Alkaslan, malas berat.

Yang kedua, Al-Jahlu. Gak paham agama Allah, gak paham keistimewaan ibadah, gak paham tujuan hidup, gak paham harus ngapain hidup di dunia yang sebentar ini. Gak paham AlQuran, gak paham As-Sunnah, gak paham sholat, bagaimana dia menikmati yang dia tidak pahami. Al-Jahlu,

Yang ketiga, Hubbud Dunya, cinta dunia, targetnya hanya dunia. Wiridnya rupiah, fulus, dolar, itu wiridnya, gimana mau mendapatkan dunia sebanyak-banyaknya, JAMA ‘AMAALAW WA’ADDADAH (Al-Humazah:2) kumpulkan hitung-hitung, dan dia berjibaku hanya untuk itu. Keluar kota, keluar negeri dia berangkat, masjid depan mata berat dia melangkah, gak ada duitnya di masjid.

Sebuah kata-kata yang dapat menjadi renungan kita bersama, perjalanan terberat adalah menuju ke masjid, walaupun di depan mata, berat, sebab targetnya dunia,

Yang keempat, nafsu yang diperturutkan, sesungguhnya Allah memuliakan manusia dengan AlQuran dan Sunnah, tapi mereka lebih memilih dunia, memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka bagaikan anjing, diberi peringatan atau tidak, mereka tetap menjulurkan lidahnya, maka betapa hinanya keadaan mereka seperti ini.

Yang kelima, sehingga orang itu berat dalam beribadah, karena dia banyak makan yang haram, masuk menjadi darah dagingnya, dan ini menjadi penyumbat kedekatannya dengan Allah. Sementara harta yang haram, selalu ingin berbuat maksiat, karena energinya berasal dari sumber yang haram, orang kalau makan yang haram maunya berzina, orang kalau sudah korupsi maunya korupsi lagi, maka tidak heran dia mau bersumpah walaupun palsu.

Kemudian, yang keenam, Kastrotuz Zunub. Banyak sekali berbuat dosa, wahai saudaraku, kenapa banyak berbuat dosa? Karena lemah iman, karena bodoh, karena nafsu, karena cinta dunia.

Maka yang terakhir, dengan mudah syaitan menguasainya, dia dikendalikan oleh syaitan, dan herannya dia merasa sukses, dia merasa hebat, itulah awal bencana, sebelum bencana sebenarnya, Suul Khotimah, siksa kubur, dan beratnya azab akhirat, merasa tenang dan biasa ketika berbuat maksiat, merasa tenang dan biasa padahal dia berada dalam kezaliman.

Lemah iman, jahil, cinta dunia, nafsu yang diperturutkan, makan yang haram, lalu banyak berbuat dosa, sehingga kehidupannya, dikendalikan oleh syaitan, maafkan kami, banyak bicara banyak salah.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.