Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!


Anak Negeri Dukung Polisi Lanjutkan Kasus Bobby Jayanto Hingga Tuntas

 

Tampak elemen masyarakat yang tergabung dalam Anak Negeri Menggugat melakukan aksi damai mendukung polisi melanjutkan kasus Bobby Jayanto hingga tuntas. Foto prokepri/iwn

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Puluhan elemen masyarakat Tanjungpinang yang tergabung dalam “‘Anak Negeri Menggugat’ melakukan aksi damai memberikan dukungan kepada aparat kepolisian untuk melanjutkan kasus perkara pidana dugaan ‘Rasis’ dengan tersangka Bobby Jayanto hingga tuntas.

‘Kami mendukung sepenuhnya pihak kepolisian untuk bekerja dengan profesional sesuai dengan Perkapolri Nomor 14 Tahun 2012 dengan melanjutkan proses penganan perkara tersebut, dengan memenuhi kewajiban dalam pasal Pasal 50 ayat ayat (2) KUHAP yang berbunyi, tersangka berhak perkaranya segera dimajukan ke pengadilan oleh penuntut umum. dengan juga mengedepankan azas penegakan hukum yang transparant, akuntabel dan memberi rasa keadilan bagi masyarakat,” kata Koordinator Lapangan (Korlap) Anak Negeri Menggugat, Tohar, Jumat (06/09).

Tohar menegaskan, dukungan ini termaktub dalam pernyataan sikap dukungan ke polisi dalam menyikapi perkembangan proses hukum atas penanganan perkara pidana saudara BJ dalam pidana “rasis” yang diatur dalam Undang-undang RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

“Setelah kami mengikuti, memperhatikan dan mempelajari berbagai dinamika sosial politik hukum yang berjalan sejak awal mula “viralnya” video saudara tersangka BJ hingga dilaporkan dan sampai ditetapkannya status tersangka oleh penyidik perkara tersebut. Maka dengan ini kami, segenap element yang tergabung dalam Anak Negeri Menggugat menyampaikan beberapa pernyataan sikap,” paparnya.

Sikap yang dimaksud, sambung Tohar, yakni pertama mendukung sepenuhnya pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Tanjungpinang selaku pihak yang menangani proses hukum saudara BJ, untuk menjalankan proses penegakan hukum dengan dasar Pasal 27 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 17 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999, PP Nomor 2 Tahun 2003 tentang peraturan disiplin bagi anggota POLRI khususnya Pasal, Pekapolri Nomor 14 Tahun 2011 dan, Perkapolri Nomor 14 Tahun 2012.

“Kedua, sebagai bentuk apresiasi kami sebagai masyarakat kepada Polres Tanjungpinang. Dalam hal sudah ditetapkannya status saudara BJ sebagai Tersangka oleh penyidik Polres, berdasarkan Pasal 1 angka 14 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dan Selanjutnya dalam Pasal 66 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Kapolri No. 12 Tahun 2009 Pengawasan Dan Pengendalian Penanganan Perkara Pidana Di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kami mendukung sepenuhnya pihak kepolisisan untuk bekerja dengan profesional sesuai dengan Perkapolri Nomor 14 Tahun 2012 dengan melanjutkan proses penganan perkara tersebut,” jelasnya.

“Dengan memenuhi kewajiban dalam pasal Pasal 50 ayat ayat (2) KUHAP yang berbunyi Tersangka berhak perkaranya segera dimajukan ke pengadilan oleh penuntut
umum. dengan juga mengedepankan azas penegakan hukum yang transparant, akuntabel dan memberi rasa keadilan bagi masyarakat,”sambung Tohar lagi.

Tohar menambahkn, dalam rangka mendukung kedua hal ini terlaksana dengan sebaik baiknya, dengan semangat memberikan dukungan kepada institusi POLRI untuk dapat bekerja bersama – sama mewujudkan kepastian dan kemanfaatan hukum.

“Maka kami mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan penuh kepada POLRI dalam ini Polres Tanjungpinang untuk segera melanjutkan perkara dengan melimpahkan berkas saudara tersangka BJ ke tahapan selanjutnya kepada kejaksaan negeri dan atau pengadilan negeri Tanjungpinang’ tekannya.

Tohar juga menghimbau agar tidak ada pihak yang mencoba memberikan intervensi terhadap kasus yang berlangsung. Guna menciptakan kepastian hukum, menghadirkan kondusifitas dan menjaga nama baik instusi POLRI sebagai lembaga penegak Hukum yang professional dan bebas dari kepentngan politik yang kita hormati.

“Besar Harapan kami bahwa semua pihak bekerjasama sebaik-baiknya dan mendukung agar proses penegakan hukum dalam perkara ini berjalan sebagai mana mestinya secara transparan, professional dan akuntabel. Sehingga dapat dirasakannya kepastian hukum dan keadilan untuk semua. Sehingga pula, terwujud suasana kondusif dan damai serta persaudaraan yang kuat dalam kehidupan bermasyarakat, sebagaimana keadaan sebelum,” tutupnya.(MUD)

Editor : YAN

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.