Geosite Batu Kasah Destinasi Wisata Unggulan

Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti

Kadisparbud Natuna H.Hardinansyah.SE.Msi.

PROKEPRI.COM, NATUNA – Geosite Batu Kasah terletak di Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Natuna,Propinsi Kepulawan Riau.

Dengan keindahan pantai yang di hiasi tumpukan Batu Granit,di tambah dengan ketersediaan fasilitas yang sangat mendukung, Geosite Batu Kasah dipersiapkan untuk menuju Unesco Global Geopark (UGG).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Natuna H.Hardinansyah.SE.Msi. saat dikonfirmasi kemarin, oleh awak media mengatakan, Kabupaten Natuna memiliki Delapan Geosite yang dipersiapakan menuju Unesco Global Geopark (UGG).

Geosite yang telah memenuhi standar untuk menuju unesco global geopark di antara nya, geosite batu kasah untuk tanjung datuk masih minim fasilitas pendukung, terkait dengan pemanfaatan dari geopark itu sendiri, untuk itu kita harus mempersiapkan semua fasilitas pendukungnya.

Disaat sekarang fasilitas yang sangat mendukung hanya di lokasi Geosite Batu Kasah dipersiapkan menuju Unesco Global Geopark,
untuk itu kita tidak terlepas dari dukungan masyarakat setempat dan pemerintah desa, karena telah mau menghibahkan tanah mereka untuk dibangun fasilitas pendukung.

“dalam pengembangan geopark kita terkendala di lahan, karena ada beberapa geosite yang terletak dilahan masyarakat,” jelas Hardinansya.

Wakil Bupati Natuna, Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, di tempat terpisah mengatakan, untuk menuju Unesco Global Geopark terdapat sederet persyaratan yang harus dipenuhi, yang lebih terpenting komitmen pemerintah daerah kawasan giosite mana saja yang akan didaptarkan sebagai UGG.

“Salah satunya pengeluaran surat keputusan tentang Geosite mana saja yang diajukan sebagai kawasan Unesco Global Geoparak, Pengelolaan, pembenahan sarana hasil dari survei administrasi menjadi catatan penting, untuk menjadi Unesco Global Geopark (UGG)” jelas Ngesti.

Lanjut Ngesti, pemerintah daerah mendukung sepenuhnya, agar terwujudnnya Unesco Global Geopark.

“Dengan terwujudnya UGG Natuna bisa dikenal lebih luas baik secara nasional sampai mancanegara,” tutup Ngesti.(rud)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.