KEPRINATUNA

Pemkab Natuna Gelar Peringatan Malam Nuzulul Qur’an 1445 H di Masjid Agung

Suasana peringatan Malam Nuzulul Qur’an 1445 Hijiriah di Masjid Agung, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu malam (27/03/2024). Foto prokepri/amin.

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna menggelar peringatan Malam Nuzulul Qur’an 1445 Hijiriah di Masjid Agung, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu malam (27/03/2024).

Hadir Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, Sekretaris Daerah, Boy Wijanarko, Kepala Kemenag, Budi Dermawan beserta seluruh jajaran Forkopimda, Pimpinan OPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menyampaikan Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya wahyu pertama surah Al-Alaq kepada Nabi Muhammad SAW. Nuzulul Quran terjadi saat malam sepertiga akhir Ramadhan, tepatnya setiap 17 Ramadhan. Momen ini sebaiknya dimanfaatkan setiap muslim untuk meraih hikmah puasa dan Al Quran.

“Al-Qur’an merupakan tuntunan hidup yang paling baik bagi umat manusia, untuk itu saya mengajak seluruh jemaah untuk bersama-sama mengamalkan Al-Qur’an,” ajak Wabup Rodhial.

Ia juga mengajak agar seluruh jemaah dapat menyelesaikan puasa Ramadhan yang sudah berjalan lebih dari setengahnya.

“Mari kita maknai bulan suci Ramadhan ini dengan memperbanyak ibadah dan memperbaiki diri,” lugasnya.

Melalui momentum Peringatan Nuzulul Qur’an ini, Wabup Rodhial berharap seluruh jemaah dapat lebih mencintai Al Qur’an sebagai Kitab suci yang dimuliakan.

“Semoga peringatan Nuzulul Qur’an menginspirasi kita semua untuk mendalami ajaran Al-Qur’an dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Wabup.

Sementara Ustadz Wariyono dalam ceramah agamanya dengan tema Al-Qur’an Sebagai Pedoman Dalam Kerukunan Hidup, Petunjuk Keselamatan Dunia dan Akhirat menyampaikan bahwa Al–Qur’an diturunkan kepada seluruh manusia untuk menjadi petunjuk, untuk menjadi pembeda antara yang hak dan bathil.

“Juga untuk menjelaskan segala bentuk problematika yang dihadapi manusia, memberikan solusi terhadap problematika yang dihadapi, tidak hanya kepada manusia tetapi kepada seluruh alam semesta, Al-Qur’an menjadi cahaya, penerang, kekuatan, pengobat dalam setiap detik hidup di dunia hingga kepada hari kiamat,” terang Ustadz Wariyono.

Untuk itu, Ustadz Wariyono mengajak seluruh jemaah untuk mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena sebaik-baiknya petunjuk adalah Al-Qur’an, hal ini Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 185, bahwa Al-Qur’an yang diturunkan Allah adalah petunjuk bagi umat manusia,” tutupnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan 140 Paket sembako dari Medco Energi kepada masyarakat. (amin)

Back to top button