Puluhan Nelayan Bintan Dapat Bantuan Sampan Fiber Mesin Ketinting Dari Pemprov Kepri

 

Plt Gubernur Isdianto mengecek sampan fiber mesin ketinting sebelum diserahkan ke Nelayan Bintan. Foto Ist

PROKEPRI.COM, BINTAN – Puluhan nelayan di Kabupaten Bintan mendapatkan bantuan sampan fiber mesin ketinting beserta alat tangkap ikan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Selasa (05/11) kemaren.

Bantuan diserahkan Plt Gubernur Kepri H Isdianto di Serumpun Padi Mas, Desa Malang Rapat Trikora.

Plt Kepala DKP Kepri, Agus Sukarno mengatakan, jumlah bantuan yang dialokasikan untuk Kabupaten Bintan tahun 2019 sebanyak 59 unit untuk rumah tangga perikanan (RTP).

Rinciannya, sambung Agus, 22 unit untuk nelayan Gunung Kijang, 17 unit untuk nelayan Bintan Timur, 10 unit nelayan Teluk Sebong dan 10 unit nelayan Teluk Bintan.

“Selain sampan fiber mesin ketinting, diberikan juga bantuan alat penangkapan ikan ,” ungkapnya.

Agus menambahkan, alat tangkap ikan itu seperti kawat bubu 104 gulung, bubu ketam 1500 buah utk 60 RTP, jaring udang 5 buah, jaring pantai 110 buah dan jaring ikan 3,5 inch sebanyak 30 buah.

Plt Gubernur, Isdianto dalam sambutan penyerahan bantuan ini mengatakan, bantuan-bantuan kepada masyarakat nelayan adalah upaya pemerintah untuk semakin meningkatkan kesejehahteraan.

Pendapatan yang semakin baik membuat para nelayan bisa mwningkatkan taraf hidur juga memberikan pendidikan yang semakin baik kepada anak-anaknya.

“Ini salah satu bentuk perhatian pemerintah dan komitmen gubernur kepada para nelayan di Bintan. Kami berharap bantuan ini dapat memberikan dampak yang semakin baik bagi nelayan,” kata Isdianto

Dalam penyerahan itu, hadir juga Sekdaprov H TS Arid Fadillah, Asisten Pemerintahan Raja Ariza, Karo Pembangunan Aries Fhariandi, Karo Perekonomian Heri Andrianto. Hadir juga Kapolsek Gunung Kijang AKP Monang P Silalahi, Kepala DKP Bintan Ir Fahrimsyah, Plt Kadis DKP Kepri Agus Sukarno dan Tenaga Ahli Gubernu H Heriza Hood.

Sebelum penyerahan, kata Isdianto pihaknya selalu menegaskan agar masyarakat yang mendapat bantuan adalah memang mereka yang membutuhkan. Jangan asal beri namun salah sasaran.

Karena salah sasaran, kata Isdianto, nantinya bantuan yang diberi tidak digunakan. Malah dialihkan ke pihak lain oleh penerima. Atau dijual.

Karena itu Isdianto berpesan untuk dimanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya. Jangan diperjualbelikan, nanti pemerintah tidak akan memberi bantuan lagi.

“Gunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Sejahtera bapak-bapak sekalian, sejahtera jugalah negeri ini. Sebaliknya sakit bapak-bapak skalian maka sakit juga yang kami rasakan,” kata Isdianto.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada perwakilan nelayan dari Isdianto. Kemudian Isdianto dan rombongan melakukan peninjauan ke lapangan mengecek satu persatu sampan yang akan diserahkan kepada nelayan.

Sekretaris Persatuan Nelayan Nasional Kabupaten Bintan Zulfajri menyampaikan ucapan trimakasih atas perhatian pemerintah provinsi terhadap nelayan Bintan. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi para nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan keluarganya.(dkmf)

Editor : r yandri

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.