NASIONAL

Rudi Margono Dilantik Jadi Kepala Kejati Kepri

Prosesi pelantikan Rudi Margiono sebagai Kepala kejati Kepri di Lantai II, Gedung Utama Kejagung, Jakarta, Senin (20/3/2023). Foto Ist

PROKEPRI.COM, JAKARTA – Jaksa Agung ST Burhanuddin melantik Rudi Margono, sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (kejati) Kepulauan Riau pengganti Gerry Yasid di Lantai II, Gedung Utama Kejagung, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Selain Rudi, Ade Tajudin Sutiawarman juga dilantik sebagai Kepala Kejati Jawa Barat pengganti Asep Mulyana.

Asep Mulyana sebelumnya telah dilantik oleh Menkumham Yasonna H Laoly sebagai Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Adapun pejabat yang dilantik hari ini adalah:

1. Ade Tajudin Sutiawarman, selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.
2. Narendra Jatna, selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Bali.
3. Rudi Margono, selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau.
4. Akmal Abbas, selaku Direktur Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat.
5. Asnawi, selaku Direktur Perdata.
6. Tiyas Widiarto, selaku Kepala Biro Perencanaan.

Dalam arahannya, Jaksa Agung Burhanuddin menyampaikan para pejabat yang baru dilantik dapat segera melaksanakan tugas dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Misalnya, berkoordinasi dengan Bawaslu dan aparat penegak hukum untuk mengawal persiapan Pemilu.

“Para Kajati yang baru dilantik, agar segera bersinergi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan aparat penegak hukum lainnya dalam rangka mengawal persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan tetap memperhatikan kewenangan yang dimiliki dan tidak ikut serta dalam kampanye pemilu atau mendukung partai politik tertentu,” kata Burhanuddin dalam keterangan tertulis yang disampaikan Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangannya, Senin (20/3/2023).

Selain itu, ia meminta jajaran yang baru dilantik melaksanakan penegakan hukum yang humanis serta proporsional dengan memperhatikan nilai-nilai keadilan yang hidup di tengah masyarakat agar meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi Kejaksaan. Adapun Kepala Kejaksaan Tinggi yang baru dilantik hari ini juga diminta menjadi suri tauladan terhadap seluruh jajarannya dalam penerapan pola hidup sederhana.

Burhanuddin juga menginstruksikan agar pejabat yang baru dilantik dapat meningkatkan pengawasan melekat terhadap seluruh jajaran di satuan kerja masing-masing, dan pedomani Surat Jaksa Agung Nomor 3 tanggal 17 Januari 2022 tentang meningkatkan Pengawasan Melekat pada Satuan Kerja.

“Saya ingin mengingatkan para pejabat yang baru dilantik, beberapa menit yang lalu Saudara telah mengucap sumpah jabatan, sumpah tersebut bukan hanya sebuah seremonial formal semata, melainkan suatu ikrar yang memiliki makna spiritual mendalam antara saudara dengan Tuhan Yang Maha Kuasa, yang kelak akan diminta pertanggungjawabannya,” ujar Burhanuddin.

Burhanuddin meminta agar amanah yang diberikan kepada Kajati yang baru dilantik dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, serta komitmen sungguh-sungguh untuk bekerja keras serta cerdas diiringi dengan nilai Tri Krama Adhyaksa demi kejayaan institusi kejaksaan.

“Saya ingin memberikan sebuah pesan kepada para pejabat yang baru dilantik dan sebenarnya ini adalah juga pesan bagi kita semua, ‘jabatan itu bisa menjadi berkah yang membawa kebahagiaan atau juga menjadi hukuman yang membawa keburukan bagi siapa yang mengembannya, tergantung dengan niat apa Saudara menjalankannya,” tuturnya.(dtk)

Editor: yan

Tinggalkan Balasan

Back to top button