KEPRITANJUNGPINANG

Dokter Mata akan Periksa 859 Siswa Tanjungpinang

Foto ilustrasi rabun jauh. Sumber Internet
Foto ilustrasi rabun jauh. Sumber Internet

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Gabungan pengusaha dari Refraksionis Optisien dan Tenaga ahli Komite Mata Nasional dijadwalkan akan melakukan pemeriksaan kelainan pada mata 859 siswa Sekolah Dasar (SD) di Tanjungpinang, Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bulan ini.

“”Siswa yang mengikuti program ini berdasarkan hasil penjaringan yang dilakukan sebelumnya oleh Dinas Kesehatan Tanjungpinang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, Rustam, Sabtu (7/5).

Dia mengatakan, bahwa pemeriksaan kelainan refraksi dengan komputer akan dilakukan pada tanggal 9 hingga 13 Mei tahun ini. Kelainan reflaksi merupakan kelainan pembiasan cahaya sehingga bayangan tidak fokus di retina mata yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

“Mereka yang diketahui rabun jauh nantinya akan dibantu dengan pemberian kacamata minus, sedangkan yang rabun dekat diberi bantuan kacamata plus. Tujuannya, mereka dapat melihat dengan jelas sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajar,” jelas Rustam.

Rustam mengemukakan pemeriksaan refraksi mata dengan komputer di Tanjungpinang akan dilakukan di enam lokasi, dimulai pada Senin pekan depan pukul 10.00 WIB di SDN 004 Tanjungpinang Barat. Selanjutnya, kegiatan yang sama dilaksanakan keesokan harinya di SDN 014 Seijang.

“Rabu dilaksanakan di Puskesmas Kampung Bugis, Puskesmas Pembantu Pulau Penyengat dan SDN 003 Tanjungpinang Kota. Kamis dan Jumat dilaksanakan di SDN 004 Tanjungpinang Timur.”

Menurut dia, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyukseskan Gerakan Sejuta Kacamata yang dicanangkan Kementerian Kesehatan, yang disejalankan dengan pembukaan Komite Mata Nasional.

Kegiatan tersebut dilakukan di enam provinsi, salah satunya Kepri.

“Dinkes Tanjungpinang dipilih sebagai pelaksana kegiatan itu di Kepri,” katanya. (***)

Tinggalkan Balasan

Back to top button