Hanya 10 Tersangka Tambang Bouksit Kepri Ditahan Jaksa, Dititip ke Rutan Tpi

 

Kasipenkum Kejati Kepri, Ali Rahim Hasibuan. Foto Ist

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri resmi melakukan penahanan terhadap 10 orang dari total 12 orang tersangka dugaan kasus Korupsi Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP-OP) tambang bauksit. Mereka dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang.

“Sudah dilakukan penahanan 10 orang di Rutan kelas 1 Tanjungpinang. Yang tidak hadir dalam pemeriksaan satu sakit, satu lagi tidak ada kabar. ,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Kepri, Ali Rahin Hasibuan kepada prokepri, Rabu (02/09/2020).

Ali menerangkan, tersangka tambang bouksit Kepri ini akan dikenakan pasal 2 dan 3 junto 55. Sedangkan jumlah kerugian negara, sambungnya, akan diumumkan pada waktu persidangan mereka.

“Kerugian negara seperti yang di sampaikan dalam press rilis nanti waktu di.persidangan aja kata pak Aspisus,” tutup Ali.

Seperti diketahui, sebanyak 12 orang tersangka dugaan kasus Korupsi Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP-OP) tambang bauksit menjalani pemeriksaan dan langsung ditahan oleh Kejati Kepri.

Mereka adalah mantan Kepala Dinas ESDM Kepri Amjon, dan mantan Kepala Dinas PMPTSP Kepri, Azman Taufik serta sepuluh tersangka lainnya berinisial MAA, MA, ER, J, AR, BSK, WBY, HEM, S, dan J.

Berdasarkan informasi yang diterima, dari 12 tersangka hanya 10 tersangka yang hadir dalam pemeriksaan sekaligus penahanan tersebut.

Kasus dugaan tindak pidana korupsi Pemberian izin usaha pertambangan pada Provinsi Kepulauan Riau terjadi pada tahun 2018/2019 dengan wilayah kerja di Kabupaten Bintan. (yan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.