Lis Darmansyah Nilai Naiknya Tarif Pass SBP Internasional Kategori Wajar

Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH.

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH menilai bahwa kenaikan tarif masuk (pass) Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Internasional sebesar Rp55 Ribu masih tergolong kategori wajar. Maka itu, mantan wakil pimpinan DPRD Kepri ini berharap, tidak perlu ada perdebatan pasca kenaikan.

“Jumlah pengguna pelabuhan Internasional yang mencapai 70 persen itu merupakan WNA (Warga Negara Asing). Kenaikan tarif pas pelabuhan yang dilakukan oleh Pelindo itu juga, merupakan hal yang paling murah se-Kepri ini, jadi tidak perlulah diperdebatkan,” terang pejabat nomor 1 di Tanjungpinang ini, Kamis (1/6).

Pendapat berbeda disampaikan anggota DPRD Kepri, Rudi Chua. Dia menilai, kenaikan harga tarif pas pelabuhan tersebut diduga merupakan siasat yang kurang tepat. Hal itu disebabkan, lantaran pelayanan infrastruktur pelabuhan yang masih jauh dari kata maksimal.

“Kita lihat kondisi pelabuhan sekarang seperti apa?. Kalau infrastrukturnya sudah matang, sah-sah saja untuk melakukan kenaikan harga,” kata Rudi memberikan tanggapan.

Seperti diketahui, PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang resmi menaikkan tarif masuk (pass) Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Internasional sebesar Rp55 ribu dari sebelumnya Rp42 Ribu. Kenaikan ini berlaku per tanggal 1 Juni 2017.

Berdasarkan data yang diterima, rincian tarif pas pelabuhan Internasional yang resmi mengalami kenaikan tersebut diantaranya, untuk WNI (Warga Negara Indonesia) yang sebelumnya Rp22 ribu menjadi Rp35 ribu dengan kenaikan sebesar Rp22 ribu.

Sementara, untuk Warga Negara Asing (WNA), tarif pas sebelumnya Rp42 ribu kini menjadi Rp55 ribu dengan selisih kenaikan sebesar Rp13 ribu.

Sedangkan untuk tarif pass masuk domestik (lokal) PT Pelindo masih menerapkan harga normal (lama).

Penulis : NUG

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan