KEPRILINGGA

Pulau Selayar Disiapkan Pemkab Lingga Untuk Posko Unit BPPP (Basarnas)

Pertemuan Kepala Badan SAR Nasional dengan Wakil Bupati Lingga di Batam. dok istimewa

PROKEPRI.COM, LINGGA – Pemerintah Kabupaten Lingga meminta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Provinsi Kepri untuk mendirikan BNPP –sebelumnya Basarnas– di Kabupaten Lingga. Hal itu dinilai penting, mengingat penanganan bencana dan kecelakaan laut kerap terjadi.

Sehingga dengan keberadaan BNPPP di Lingga bisa bergerak cepat dan efesien melakukan pertolongan bila mencana atau kecelakaan laut terjadi. Karena itu, keberadaan BNPP dinilai penting didirikan di Lingga. Permintaan tersebut sudah disampaikan Wakil Bupati Lingga M. Nizar kepada Kepala BNPP pada pertemuan di Batam, Minggu (5/11/2017) lalu.

 Untuk mewujudkan harapan tersebut, Pemkab Lingga telah menyiapkan lokasi di Pulau Selayar, Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga. “Permohonan secara tertulis juga telah dilakukan Pak Bupati (Alias Wello) beberapa waktu lalu, terkait permohonan keberadaan unit SAR kepada Basarnas Kepri. Untuk mempercepat realisasinya dalam kesempatan ini saya langsung sampaikan kepada Kepala Basarnas,” kata Nizar kepada wartawan, Senin (6/11/2017).

 Dijelaskan, Lingga mempunyai luas wilayah 45.667,55 KM2 yang terdiri dari luas daratan 2.235,47 KM2 dan luas lautan 43.432,08km2. Perbandingan yang sangat fantasis antara luas antara lautan dan daratan. Selain itu, Kabupaten berjuluk Negeri Bunda Tanah Melayu ini memiliki 300 lebih pulau-pulau baik yang berpenghuni maupun tidak. “Sudah sepantasnya tahun 2018 Unit SAR sudah berada di kabupaten Lingga,” harap Nizar. (*/r/ira)

 

EDITOR : INDRA H

Back to top button