KEPRITANJUNGPINANG

SMSI Kepri Apresiasi Media Gathering Yang Ditaja KPU Kepri

Tampak Kabid Pendidikan dan Riset SMSI Kepri Rodi Yandri berbincang dengan Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi di Indah Rasa Foodcort di Jalan W.R Supratman, Tanjungpinang, Rabu (12/6/2024). Foto prokepri/dik.

PROKERI.COM, TANJUNGPINANG – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kepri mengapresiasi kegiatan Media Gathering dengan tema “Peran Media Massa Dalam Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kepri Tahun 2024” yang di taja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri di Indah Rasa Foodcort di Jalan W.R Supratman, Tanjungpinang, Rabu (12/6/2024).

“Media Gathering yang dibuat KPU Kepri ini baik. Karena, peran media sangat penting dalam mensukseskan Pilkada. SMSI Kepri tentunya memberikan apresiasi,” kata Ketua SMSI Kepri, Rinaldi Samjaya melalui Kepala Bidang (Kabid) Riset dan Pendidikan SMSI Kepri, Rodi Yandri usai menghadiri agenda tersebut.

Yandri menerangkan, peran aktif media sangat diperlukan lembaga penyelenggara Pemilu khususnya dalam menyukseskan Pilkada 2024 baik tingkat provinsi hingga kabupaten/kota se-Kepri.

“Media dapat memberikan informasi yang sejuk dan mencerdaskan masyarakat untuk menjaga kredibilitas, demi mewujudkan Pemilu yang berintegritas,”tegasnyai.

Dengan informasi media yang edukatif, sambung Yandri, masyarakat dapat memahami tahapan pemilu, teknis pelaksanaan hingga waktu pencoblosan secara substansial dengan ketentuan dan peraturan yang ada.

“Tentunya selektif dalam informasi yang berpotensi menyebabkan disintegrasi. Untuk itu, KPU Kepri wajib membuka ruang bekerjasama dengan media massa agar sosialisasi pemberitaan tahapan Pilkada tersebar secara masif dan masyarakat mendapatkan informasi yang mereka butuhkan,”sambungnya.

Bukan hanya itu, masih Yandri, media juga memiliki peran sebagai pengawas pemilu.

“Peran media massa memudahkan masyarakat untuk melakukan pelaporan jika adanya indikasi pelanggaran saat pemilu berlangsung,” tutupnya.

Sementara, Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi mengucapkan terimakasih kepada insan pers atas kehadirannya pada kegiatan Media Gathering tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada seluruh insan pers se-Kepri sudah membantu dengan pemberitaan termasuk juga kritik,”ucap Indrawan dalam sambutannya.

Ia mengaku mendapatkan banyak informasi dari masyarakat terkait kapan jadwal Pilkada baik tingkat provinsi maupun di kabupaten dan kota.

“Maka itu, pers bisa membantu mensukseskan Pilkada 2024 melalui penyebaran informasi yang dibutuhkan masyarakat mulai dari tahapan hingga pencoblosan,” tuturnya.

Indrawan juga menyatakan kesiapannya membuka kerjasama buat media massa khusus online/siber guna mensukseskan Pilkada 2024.(odik)

Back to top button