KEPRINATUNA

Wow, Natuna Miliki Cadangan Gas Bumi Terbesar di Indonesia

Anjungan tengah laut gas bumi Natuna Kepulauan Riau. foto istimewa

PROKEPRI.COM, NATUNA РDirektorat Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau merupakan daerah penyimpan cadangan gas bumi terbesar di Indonesia. Kandungan gas di Natuna sebagai gerbang utara Indonesia, hampir separuh dari total kandungan gas tersebar Tanah Air.

Natuna menyimpan kandungan gas sebanyak 49,87 persen. Sedangkan cadangan kedua terbesar berada di Sumatera dengan 28,79 persen, meliputi Nangroe Aceh Darussalam sebesar 7,56 persen, Sumatera Utara 0,8 persen, Sumatera Tengah 7,51 persen, Sumatera Selatan 12,92 persen.

Untuk posisi kandungan gas bumi terbesar ketiga berada di Papua mencapai 19,03 persen. Keempat, Maluku mencapai 16,73 persen dan Kalimantan 14,75 persen. “Sementara Pulau Jawa hanya memiliki cadangan gas bumi sebesar 12,27 persen. Kandungan gas bumi ini semua berdasarkan data dari Ditjen Migas Kementerian ESDM pada Januari 2016,” kata Anggota Komisi VII DPR Andi Yuliani Paris di Makassar, kemarin.

Menurutnya, cadangan gas bumi Indonesia tercatat mencapai 144,06 trilion cubic feet (TCF) per Januari 2016 lalu. Jumlah tersebut terdiri dari cadangan terbukti mencapai 101,22 TCF dan potensial 42,84 TCF. “Kandungan gas bumi paling rendah berada di Sulawesi, cadangan gasnya hanya 2,66 persen,” beber politisi asal Sulawesi Selatan ini seperti dikutip Prokepri.Com dari laman merdeka.com.

Dijelaskan, cadangan tersebut akan habis dalam 48 tahun ke depan, jika asumsi tingkat produksi gas per tahun mencapai 3 TCF. Namun jumlah itu baru 12,3 persen dari total perkiraan cadangan gas bumi nasional. (*/ira)

EDITOR : INDRA H

Back to top button