BATAMKEPRI

72 Orang Bersaing Rebut Posisi Lima Kursi Anggota KPU Batam

Razaki Persada bersama Timsel KPU. Foto istimewa.

PROKEPRI.COM, BATAM – Tim Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten / kota se Provinsi Kepulauan Riau menerima 72 berkas calon untuk Kota Batam.

Ketua timsel Razaki Persada mengatakan tahap awal seleksi dilakukan melalui pemeriksaan dokumen.

“Batam tidak diperpanjang. Ada 72 yang daftar sampai batas akhir Senin (12/3) malam. Pertama kita saring dari kelengkapan dokumen,” kata Razaki kepada media ini, Rabu (14/3/2018).

Menurut dia, pemeriksaan dokumen dinilai mulai dari kelengkapan, akademis, pengalaman kerja, latar belakang, serta makalah. Selanjutnya timsel akan mengurut nama peserta berdasarkan nilai keseluruhan. Dan 30 nama teratas berkesempatam masuk ke tahap seleksi kedua.

“Seleksi berikutnya yakni tes tertulis yang rencananya digelar pada 26 Maret mendatang. Namun untuk lokasi hingga kini belum dapat dipastikan. Razaki meyakinkan bahwa di manapun lokasinya tidak akan ada kecurangan karena soal langsung dari server KPU RI. Misal lokasi tes di kampus, soal tidak disimpan di server kampusnya. Tapi menggunakan server KPU RI langsung,” ujarnya.

Dijelaskannya, seleksi tertulis ini untuk mengerucutkan jumlah peserta menjadi 25 orang. Mereka yang dapat nilai tertinggi akan ikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu tes psikologi.

“Untuk tahapan Tes psikolog akan dilaksanakan pada 27 Maret dengan mendatangkan tenaga psikolog profesional,”bebernya.

Seluruh peserta yang lolos tes psikologi, kata dia, langsung melanjutkan tes kesehatan rohani dan jasmani. Dari hasil tes psikologi dan kesehatan, maka timsel akan mengambil 10 orang dengan nilai tertinggi.

“10 nama ini atau dua kali dari kebutuhan KPU Batam, kami serahkan ke KPU RI. Nanti KPU RI yang akan menyeleksi menjadi lima orang terpilih,”ungkapnya. (r/indr@)

Back to top button