Bakesbangpol Natuna Terus Membina FKUB

Plh Bupati Natuna. Hendra Kusuma.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Natuna, Muchtar Ahmad.

PROKEPRI.COM, NATUNA – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui Bakesbangpol terus melakukan pembinaan terhadap Forum Kerukunan antar Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang ada, dalam rangka menjaga keharmonisan di tengah kemajemukan masyarakat Natuna.

Hal ini di sampaikan Muchtar Ahmad, selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Bakesbangpol) Daerah Natuna, saat di temui di kediamannya, H.Adam Malik, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur. Selasa (18/05/2021) siang.

FKUB merupakan forum yang di bentuk oleh masyarakat dan di fasilitasi oleh Pemerintah, dalam rangka membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan. FKUB Natuna sendiri di Ketuai oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Natuna, H. Wan Zawali.

Sementara FPK adalah wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antara warga masyarakat, yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan. Untuk di Kabupaten Natuna, forum ini di Ketuai oleh Ketua LAM Kecamatan Bunguran Timur, Wan Suhardi.

“Kita akan terus melakukan yang terbaik untuk meningkatkan keharmonisan antar umat beragama, ras, suku dan budaya, demi keutuhan bangsa dan negara,” Kata Muchtar.

Lanjut Muchtar, Dirinya berharap kepada seluruh elemen masyarakat, agar dapat menghargai adanya perbedaan suku, ras, agama dan budaya yang ada di Kabupaten Natuna.

Sehinga Natuna menjadi miniaturnya Indonesia, yang dapat menjaga kebhinekaan dalam berbangsa dan bernegara, dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Pancasila.

“Meski kita berbeda-beda, namun harus tetap bisa bersatu sampai kapanpun,” pesan Muchtar Ahmad.

Hal ini kata Muchtar, berkat adanya dukungan dan kerjasama yang baik antar sesama masyarakat. Masyarakat Natuna, kata dia, sangat menghargai adanya perbedaan. Sikap saling toleransi di tengah kemajemukan masyarakat Natuna, masih dapat terjaga dengan baik hingga saat ini.

“Syukur Alhamdulillah, meski ditempat kita, banyak terdapat suku, ras, budaya, agama dan golongan, namun sampai saat masih sangat harmonis, belum pernah ada gesekan sama sekali,”Ungkap Ahmad.

Hal senada juga di sampaikan oleh Plh. Bupati Natuna, Hendra Kusuma. Menurutnya, hubungan antar masyarakat di Kabupaten Natuna sangat harmonis. Meski terdapat beragam suku bangsa, ras, agama, budaya dan bahasa, namun satu sama lain saling menghargai dan saling toleransi.

“Seperti kita ketahui bersama, di daerah kita belum pernah ada yang namanya perselisihan paham yang di dasari karena perbedaan agama, ras, suku maupun budaya. Ini harus kita pertahankan, jangan sampai ada perpecahan,” ucap Hendra Kusuma.(adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.