ADVETORIALBINTAN

Delapan Misi ASRI menuju Bintan Gemilang 2025

PROKEPRI.COM, BINTAN – Dalam rangka menjawab segudang tantangan dan tanggungjawab pembangunan, Bupati Bintan H Apri Sujadi S.Sos dan Wakilnya H Dalmasri Syam (ASRI) komitmen mengusung visi terwujudnya Kabupaten Bintan yang madani dan sejahtera melalui pencapaian Bintan gemilang 2025 (gerakan melangkah maju di bidang kelautan, pariwisata dan kebudayaan), yang kemudian dijabarkan dalam delapan misi. 

1. Insfrastruktur

Dua tahun memimpin Kabupaten Bintan, ASRI langsung menggebrak dengan melakukan perubahan. Berbagai pembangunan telah dilakukan dan secara merata dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Luas 1.318,31 kmĀ².

Dalam rangka mendukung dan mempercepat mobilitas transportasi, baik barang maupun masyarakat, guna peningkatan perekonomian dan kesejahteraan, maka ASRI telah berkomitmen untuk mengutamakan pembangunan insfrastruktur jalan. Terbuktim sepanjang tahun 2017, ASRI telah membangun lebih dari 9,235 kilometer jalan aspal dan jalan tanah + 1.2 kilometer dengan tingkat kemantapan jalan 1,442.

ASRI juga telah berkomitmen dalam memajukan kawasan pesisir Kabupaten Bintan. Diantaranya, dengan pembangunan jembatan penghubung pengujan yang dilaksanakan dalam dua tahap pada tahun 2017 dan 2018. Tantangan penyediaan kebutuhan air bersih terutama di wilayah pesisir Bintan juga telah direspon oleh ASRI dengan melakukan pembangunan SPAM IKK.

Tercatat selama tahun 2017, sembilan SPAM IKK telah di tingkatkan, dioptimalisasi dan dikembangkan dengan total 980 sambungan rumah baru.

Demi memastikan seluruh pembangunan berjalan sesuai perencanaan, ASRI mengawasi ketat seluruh pembangunan fisik baik melalui rapat maupun melalui Inspeksi Mendadak (Sidak) ke lokasi pekerjaan.

Komitmen ASRI bersama masyarakat dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah dan menyediakan ruang terbuka hijau yang berfungsi bagi masyarakat dan juga fasilitas ketersediaan TPA telah mengantarkan Bintan meraih penghargaan ADIPURA tahun 2017. Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya diterima Kabupaten Bintan.

2. Ekonomi dan Pariwisata

Sadar bahwa sektor pariwisata telah menjadi tulang punggung perekonomian Kabupaten Bintan, ASRI terus berkomitmen untuk mengembangkan potensi wisata melalui pelaksanaan iven-iven wisata baru tingkat internasional. Setelah tahun 2016 dilaksanakan iven Bintan Moonrun 2016 dan Bintan Reebok Spartan Race, di tahun 2017 juga digelar festival layang-layang dan Beach Woodball World Cup Championship.

ASRI juga tampil sebagai narasumber dalam program Talkshow Coffee Break yang ditayangkan di TV One. Bupati Bintan H Apri Sujadi turut mempromosikan pariwisata Bintan di tingkat nasional.

Terbukti, berbagai usaha pengembangan potensi pariwisata telah memberikan kontribusi yang positif terhadap kunjungan wisatawan di Bintan. Pada tahun 2017, kunjungan wisatawan ke Bintan meningkat menjadi 722.294 jiwa yang didominasi wisatawan mancanegara sejumlah 364.483 jiwa dan wisatawan domestik 357.801 jiwa dengan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata sebanyak 116 miliar atau 50,68 persen dari total PAD Bintan.

Menjawab tantangan menciptakan destinasi wisata baru yang efektif dan efisien di era moderen, ASRI telah membangun beberapan Landmark yang diharapkan mampu menjaid icon Bintan serta mampu menjadi alat promosi wisata baru ditenbgah semaraknya penggunaan media sosial.

Sejalan dengan pertumbuhan pariwisata, geliat ekonomi Bintan juga ditandai dengan meningkatnya investasi di Bintan. Pada tahun 2017, tercatat 54 perusahaan asing menanamkan modalnya dengan nilai investasi USD. 711.444.069,00 dan tujuh perusahaan penamam modal dalam negeri juga mengucurkan investasi sebesar Rp462.654.981.185.

Dengan ini, ASRI optimis bahwa peningkatan investasi di Bintan akan terus meningkat dimasa yang akan datang. Terutama setelah ditetapkan Galang Batang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pengembangan ekonomi lokasi juga tidak luput dari perhatian ASRI. Dukungan berupa bantuan kepada sejumlah pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) meningkat di tahun 2017 menjadi 2.871 dibanding tahun 2016. Berbagai dukungan dari ASRI juga telah mengantarkan Bintan meraih penghargaan Natamukti 2017. ASRI dianggap telah berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta membangun ekosistem UMKM.

3. Kesehatan

ASRI terus berupaya dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat. Pada tahun 2017, telah dimulai pelaksanaan pelayanaan kesehatan dasar gratis bagi masyarakat khususnya yang belum menjadi anggota BPJS diseluruh Puskesmas se Bintan termasuk di RSUD hanya dengan menunjukkan KTP Elektronik.

Pada tahun 2017 juga, ASRI juga telah meresmikan Pos Pembinaan terpadu (Posbindu) Mobile dan ruang bersaling di Puskesmas Sei Lekop, dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan door to door kepada masyarakat. Selain itu, ASRI juga telah meresmikan E Puskesmas dan pelayanaan kesehatan hingga pukul 22.00 Wib malam untuk beberapan Puskesmas di Bintan. Setiap hari Kamis di Puskesmas juga diadakan pemeriksaan IVA sebagai bentuk pencegahan dini terhadap kanker leher rahim bagi kaum wanita.

Berbagai kebijakan ASRI ini telah mengantarkan Bintan mendapatkan penghargaan Swasti Saba tingkat Wiwerda di tahun 2017 atau yang dikenal dengan kabupaten sehat. Penilaian tersebut berdasarkan hasil dari 4 tatanan penilaian yaitu kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum yang sehat, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, kawasan indsutri dan perkantoran sehat serta kawasan pariwisata sehat.

4. Pendidikan

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan pada tahun 2017, telah dilakukan rehabilitas 99 unit ruang kelas serta pembangunan 8 unit ruang kelas baru dan 4 unit perpustakaan. Selain itu, ASRI juga telah menyiapkan transportasi gratis bagi siswa sekolah serta diberikan pula bantuan berupa seragam sekolah, sepatu, tas dan buku tulis bagi siswa baru TK, SD dan SMP.

Di tahun 2017 juga, sudah dilaksanakan gebyar PAUD yang diikuti 1000 anak. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pendidikan karakter anak menjadi pondasi dasar dalam menapaki usia selanjutnya.

5. Sosial Kemasyarakatan

Ditahun kedua kepemimpinan ASRI, telah dilakukan rehabilitas 903 rumah tidak layak huni sebagai komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat tidak mampu.

Dalam usaha membantu serta mengembangkan dan mendidik generasi muda Islami di Bintan, ASRI telah menyalurkan insentif bafi guru ngaji, Imam, penjaga masjid, fardu kifayah dan mubaligh/mubalighah. Termasuk untuk peningkatan pengetahuan keagamaan bagi masyarakat terutama generasi muda, ASRI juga telah meresmikan rumah Tahfizd di Bintan Timur. Kedepannya, setiap kecamatan se Bintan direncanakan memilil\ki rumah tahfidz.

Asri juga sudah mengeluarkan kebijakan terkait bantuan sosial uang duka bagi masyarakat tidak mampu yang terkena musibah meninggal dunia. Dimana, bantuan sosial ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dan diharapkan mampu meringankan beban bagi ahli waris.

ASRI juga melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan sebagai kecamatan terjauh Kabupaten Bintan. Hal ini dilakukan untuk menjaring aspirasi dan memastikan pembangunan berjalan dengan baik dengan porsi yang berimbang dengan kecamatan lainnya di Bintan.

6. Perikanan dan Pertanian

Menyadari bahwa hampir 98 persen luas wilayah Bintan adalah lautan serta sebagian besar mata pencarian masyarakat adalah nelayan, ASRI berkomitmen untuk mendukung kegiatan perikanan. Terbukti, ditahun 2017 telah disalurkan bantuan kapal, alat tangkap dan asuransi nelayan. Melalui bantuan ini, diharapkan mampu meningkatkan produksi perikanan.

ASRI juga berkeinginan untuk memajukan sektor pertanian. Diantaranya, ASRI mendukung penuh atas usaha petani salak di Desa Lancang Kuning untuk mewujudkan sentra agro wisata salak intan yang merupakan salak khas Bintan dan turut mendukung potensi madu lebah kelulut yang kaya akan manfaat dan bernilai ekonomis.

7. Pemuda dan Olahraga

Dalam rangka pembinaan kepemudaan dan olahraga, pada tahun 2017 telah dilaksanaka berbagai iven. Diantaranya, Sepak Bola Bupati Cup, Turnamen Bola Voli, Fustal, Senam Sehat dan Jalan Santai.

Pembinaan sepakbola di Bintan juga menjadi perhatian ASRI. Terbukti, PS Bintan kini menjadi salah satu tim yang disegani. PS Bintan telah mengikuti Piala Suratin dan Liga Nusantara 2017. Yang kemudian berlaga juga di Yogyakarta dan Magelang serta menjamu tim sepakbola dari Malaysia.

Sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan kualitas pemuda Bintan yang menjadi tonggak pembangunan, maka ASRi pada tahun 2017 lalu juga telah menyalurkan bantuan biaya pendidikan mahasiswa tidak mampu kepada 155 mahasiswa Bintan

8. Seni dan Budaya

Mengemban cita-cita memajukan budaya Melayu di Bintan, mala dalam masa kepemimpinan ASRI telah dilaksanakan festival tari Bintan, festival Jong dan festival lampu cangkok.

Dalam rangka pengembangan budaya Melayu serta merta menjaga keharmonisan keberagaman yang ada di Bintan, maka setahun kepemimpinan ASRI, juga sudah dilaksanakan festival tari Bintan, festival Jong dan festival lampu cangkok serta wayang kulit.

Sebagai bentuk apresiasi telah dibrikan anugerah senin Cogan Laksamana Bentan kepada 10 orang tokoh seni, budayawan serta penyair yang telah memberikan kontribusi tehadap perkembangan seni dan budaya di Bintan. Pada tahun 2017, ASRI menerima 33 orang rombongan budayawan dari negara Malaysia dan Singapura mengunjungi Bintan sebagai upaya memperkaya budaya Melayu serumpun.

Selain itu, di lingkup pemerintahan, setelah lebih dari setahun Bintan tidak memiliki sekretaris Daerah defenitif, maka pada tanggal 10 Oktober 2017 ASRI melantik Drs Adi Prihantara MM menjadi Sekretaris Daerah, yang diharapkan mampu memberikan pengaruh yang positif terhadap AparaturSipil Negara (ASN) untuk bersinergi dalam mensukseskan program pemerintah daerah Bintan.

Menyingkapi perkembangan perekonimian nasional dan regional yang fluktuatif, ASRI terus mendorong setiap OPD untuk meingkatkan efisiensi tanpa mengorbankan efektifitas kegiataan pembangunan. Pada tahun 2017 tercatat efisiensi mencapai 4 miliar lebih melalui pengadaan secara elektronik.

Selain itu, berbagai inovasi dalam bidang pemerintahan juga telah dilakukan dalam rangka peningkatan akuntabilitas pemerintahn daerah. Dimulai dari penerapan E-Planning yang terintegrasi dengan E-Budgeting sesuai amanat rencana aksi daerah pemberantasan korupsi. Selanjutnya telah dibangun pula aplikasi prizinan online dan berbagai aplikasi lainnya untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan.

Fokus pada pengembangan sistem keuangan yang transparansi, akuntabel, efektif dan efisien, ASRI menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah untuk tahun 2016 dari Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang ke-6 kalinya secara berturut-turut diterima Kabupaten Bintan.

Khusus untuk dinamika pemerintahan, penyampaian pendapat melalui demontrasi merupakan bagian dari dinamika pemerintahan. ASRI menghargai penyampaian pendapat dan menerima berbagai pendapat tersebut sebagai masukan kepada pemerintah untuk dapat bekerja lebih baik lagi dimasa yang akan datang menuju Bintan yang gemilang.

Bukti pembangunan pada masa kepemimpinan ASRI tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Bintan tetapi juga telah diakui baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. Terbukti, pada tahun 2017, tidak kurang dari 17 penghargaan telah diterima ASRI.

Back to top button