Gubernur Kepri Buka Archery Festival 2021

Gubernur Kepri.(Foto Ist)

PROKEPRI.COM,BATAM – Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka Archery Festival 2021 di Palm Spring, Nongsa Kota Batam pada Sabtu (26/6). Ia menyampaikan bahwa berolahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran, juga untuk meningkatkan imun tubuh, selain meraih prestasi, event olah raga untuk menguatkan hubungan silaturahmi dan memperluas jaringan untuk memajukan olah raga tersebut.

“Selamat datang di Kepri, dengan berolahraga keseimbangan tubuh kita akan terjaga, imun naik dan menjadi salah satu penangkal virus covid-19”, kata Ansar saat Pembukaan Gubernur Kepri Open Archery Festival 2021 dan Field Archery Menpora Festival 2021.

Pembukaan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kepri Hj Dewi Kumalasari, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Plh Sekda Kepri Lamidi dan Sekda Kota Batam Jefridin. Hadir juga Kadis Pariwisata Kepri Buralimar, Plt Karo Pemerintahan M Darwin, Ketua KONI Kepri Usep RS dan Ketua Perpani Kepri Abdul Razak.

Adapun Field Archery Menpora Series 2021 diikuti sebanyak 75 pemanah. Sementara untuk Gubernur Kepri Open Archery Festival 2021 sebanyak 325 pemanah ikut bertarung. Tak kurang dari 400 peserta hadir dari 18 Provinsi se Indonesia di Kota Batam untuk kegiatan yang merupakan kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga bersempena dengan HUT RI ke 76 Indonesia Bugar Menpora Series 2021.

Pada Field Archery Menpora Series 2021 selain keahlian dalam memanah ada juga penilaian pakaian adat daerah masing-masing. Indonesia Bugar Menpora Series 2021 berlangsung di Palm Spring – Nuvasa Bay, Nongsa Kota Batam dari tanggal 24 sampai dengan 27 Juni 2021. Indonesia Bugar Menpora Series 2021 memperlombakan Trabas, Aerobic, Panahan dan Fun Bike.

Ansar menambahkan bahwa di dalam ajaran Islam, olahraga panahan merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Olahraga ini sangat baik bagi kesehatan karena sangat berguna untuk kesehatan dalam hal keseimbangan, kekuatan tubuh, koordinasi, serta melatih fokus.

Mantan anggota DPR RI ini juga mengatakan panahan saat ini sudah menjadi bagian dari olahraga yang diterima dan sudah membudaya di masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan club-club panahan yang pesat di setiap daerah di Indonesia dan antusias para peserta disetiap pertandingan-pertandingan panahan. Hal ini membuktikan Panahan sudah mulai banyak peminatnya di seluruh penjuru nusantara.

“Pandemi yang berkepanjangan membuat semua aktivitas kita terbatas, begitu juga dampaknya di dunia Panahan,” Ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa setiap event olahraga akan terus didorong, baik skala nasional maupun skala internasional. Karena selain untuk berolahraga dan menjaga kebugaran bahwa Kota Batam juga mempunyai daya tarik pariwisata yang tidak kalah saing dengan daerah lain.

Dengan landainya covid-19, Ia berharap Kementerian Pemuda Dan Olahraga untuk ikut mendorong event skala internasional di Kepri. Apalagi cukup banyak ketertarikan warga Singapura dan Malaysia akan potensi Kota Batam dan Provinsi Kepri.

Agar menang melawan covid19, Gubernur selalu mengajak masyarakat untuk mau divaksin. Termasuk berperan mensukseskan target vaksin pada Juli nanti sebesar 70 persen.

Ditempat yang sama, Deputi Menpora Raden Isnanta memberikan apresiasi yang tinggi kepada Perpani karena inovasinya menggabungkan Panahan yang dilaksanakan di lapangan golf. Biasanya panahan selalu dalam ruangan.

Raden menambahkan saat ini bahwa antusias masyarakat pecinta olahraga khususnya panahan terlihat cukup baik. Ini terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar dan berpastisipasi dalam event di Batam.

“Penekanan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan terus kita jaga walaupun sudah divaksin karena pandemi covid-19 belum berakhir,” kata Raden Isnanta.(r)

Editor: Muhammad Faiz

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.