KEPRITANJUNGPINANG

HYPERMART Tanjungpinang Pastikan Tidak Ada Mafia Tagihan Ganda

Murni Kesalahan SDM

Suasana transaksi diloket HYPERMART TCC, Minggu (12/6).Foto Prokepri.com
Suasana transaksi diloket HYPERMART TCC, Minggu (12/6).Foto Prokepri.com

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – HYPERMART Tanjungpinang City Center (TCC) menegaskan bahwa tidak ada oknum mafia diinternalnya yang sengaja membuat struk tagihan ganda customer (klien) untuk kepentingan keuntungan pribadi. Tagihan ganda yang sebelumnya beredar dan diresahkan konsumen murni kesalahan Sumber Daya Manusia (SDM) yakni kasir mereka.

“Kita bekerja menggunakan sistem. Jadi, kecurangan-kecurangan karyawan atau pelanggaran integritas SDM tidak mungkin terjadi. Karena, ada sistem pencegahannya. Struk double (ganda) terekap ke sistem. Karyawan gak bakal sengaja melakukan itu. Ini murni karena human error bukan mafia,” kata StoreĀ General Manager (GM) HYPERMART TCC, Slamet Riyanto kepada Prokepri.com di kantor HYPERMART TCC, Minggu (12/6) siang.

Mewakili managemen HYPERMART, Slamet menyampaikan permohonan maaf kepada salah seorang customer di Tanjungpinang yang sebelumnya merasa dirugikan atas pembayaran ganda pada satu item produk, yang disebabkan kelalaian SDM HYPERMART dan meminta dibantu agar diberikan kontak person customer bersangkutan, sehingga masalah tersebut bisa diseleseikan.

“Kami dari HYPERMART menyampaikan permohonan maaf kepada customer tersebut. Dalam hal ini khususnya kasir kami, terjadi kesalahan double scan. Ini murni karena human error bukan karena kesengajaan dan mungkin bisa dipahami bahwa ini terjadi karena staf kasir kita baru bekerja kurang lebih satu bulan ini,” ucap Slamet.

HYPERMART mengklaim, bahwa SDM yang direkrut mereka merupakan murni tenaga kerja lokal. Maka itu, kata Slamet, waktu pelatihan satu bulan ini, tak cukup untuk membuat pekerjanya khususnya kasir ahli dalam merekap struk pembayaran.

“Ditambah grand opening sangat luar biasa dari pengunjung masyarakat dengan transaksi mencapai 4.600 transaksi di hari pertama pembukaan kemaren. Dengan total 20 ribuan transaksi yang terekap sampai sekarang. Sementara, total pengunjung sudah mencapai 40 ribuan orang yang datang. Sehingga, kondisi itu melatar belakangi kasir kami menjadi kurang teliti dalam melakukan scan barang,” beber Slamet

Padahal, sambung Slamet, HYPERMART sudah memiliki standar pelayanan khusus yakni counter pusat informasi. Loket tersebut berguna bagi customer untuk memberikan laporan jika ada masalah-masalah seperti tagihan ganda. Agar persoalan itu segera diseleseikan tuntas.

“Bisa dilaporkan ke informasi untuk mendapatkan penyeleseian masalah ini. Contoh, ada transaksi satu barang ganda, kita kembalikan ke costumer,” jelasnya.

Slamet memastikan, kasir yang melakukan kesalahan akan diberikan sanksi tegas sesuai prosedur HYPERMART. Sedangkan kepada customer yang dirugikan, managemen akan memberikan gantirugi.

“Sanksi yang kita berikan sesuai prosedur, mulai dari teguran lisan hingga diberhentikan. lagi kami sampaikan permohonan maaf kepada costumer dan kedepan, jika ada complain bisa dilaporkan ke counter pusat informasi HYPERMART kami untuk ditindaklanjuti,” tutup Slamet.

Sebelum diberitakan, masyarakat Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) harus waspada dan teliti jika berbelanja di HYPERMART Tanjungpinang City Center (TCC). Pasalnya, salah seorang konsumen merasa dirugikan dengan jumlah pembayaran yang tidak sesui dengan yang dibelinya alias pembayaran ganda pada satu item produk. (***)

Tinggalkan Balasan

Back to top button