Kampung Tangguh Jadi Penopang Ketahanan Pangan

Kapolda Kepri resmikan Desa Batu Kacang diresmikan jadi Kampung Tangguh Di bidang ketahanan pangan kamis 23 Juli lalu. Foto prokepri/mahmud

PROKEPRI.COM,LINGGA –  Kampung Tangguh merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh Kepolisian Republik Indonesia, dengan tujuan menciptakan kampung atau wilayah yang mampu bertahan meski dalam ancaman wabah Pandemi Covid-19 pada bidang Kesehatan, Keamanan dan ketertiban, serta Ketahanan pangan.

Desa Batu Kacang merupakan salah satu desa yang memiliki begitu besar potensi diantaranya pertanian dan perkebunan, sehingga memiliki modal awal yang cukup untuk membuat kampung tangguh. Pemilihan Desa Batu kacang merupakan pertimbangan yang tepat dilihat dari masyarakatnya yang gemar bercocok tanam.

Kepala Desa Batu Kacang, M. Suharko Peni menjelaskan “Disini masyarakat banyak yang bercocok tanam dan warga juga memiliki tanah yang dikelolanya, tidak seperti kebanyakan petani yang hanya menjadi buruh saja”. Kepemilikian suatu lahan sangat penting bagi masyarakat khusunya petani. “Mendengar ada rencana pembuatan kampung tangguh, kami sangat antusias, semua kami persiapkan baik itu lahan perkebunan yang ditanami jagung, dan ubi serta kolam ikan”.

Dengan adanya program kampung tangguh diharapkan masyarakat dapat lebih optimis dan bertahan ditengah begitu besarnya dampak Pandemi. “Kami sangat berharap program Kampung Tangguh dapat berlanjut dan menjadi motivasi masyarakat untuk dapat bertahan melawan pandemi” ujar Peni.

Sebelumnya, Desa Batu Kacang diresmikan menjadi Kampung Tangguh Di bidang ketahanan pangan oleh Kapolda Kepri, kamis 23 Juli lalu.(mahmud)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.