KPK Laporkan Greenpeace Ke Polisi

Gedung KPK Yang Disinari Laser Projector.(Foto JawaPos)

ROKEPRI.COM,JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melaporkan Greenpeace ke aparat kepolisian terkait penyampaian kritik berupa laser projector yang disorotkan ke Gedung Merah Putih. Dalam aksinya bertuliskan ‘Berani Jujur Pecat’, ada juga tulisan lain seperti ‘Mosi Tidak Percaya’, ‘Save KPK’ dan beberapa tulisan lain.

Juru kampanye Greenpeace, Asep Komaruddin menyampaikan pihaknya belum mengetahui jika dilaporkan ke polisi. Sebab, hingga kini belum menerima surat resmi dari aparat kepolisian.

“Kami belum tahu kalau dilaporkan, dan kami belum dapat surat apa-apa,” kata Asep dikonfirmasi, Senin (19/7).

Asep merasa heran KPK yang kini antikritik justru melaporkan para aktivis ke polisi. Dia pun merasa aneh terkait hal ini.

“Agak bingung juga dilaporkan terkait aktifitas laser yang tempo hari itu, agak aneh juga karena sebelumnya setelah aksi kan ada pernyataan dari Plt Juru Bicara Bidang Penindakan Ali Fikri yang meresponnya dan mengapresisasi, karena dianggap sebagai dukungan terhadap pemberantasan korupsi,” tegas Asep.

Sebelumnya, pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri menyampaikan, peristiwa penyinaran laser ke arah Gedung KPK pada 28 Juni 2021 sekitar pukul 19.05 WIB oleh pihak eksternal. KPK membenarkan melaporkan hal tersebut ke aparat kepolisian.

“KPK melalui Biro Umum telah melakukan koordinasi dan pelaporan kepada Polres Jakarta Selatan,” kata Ali dikonfirmasi, Senin (19/7).

Ali menjelaskan, pelaporan tersebut karena menilai telah ada potensi kesengajaan melakukan gangguan ketertiban dan kenyamanan operasional perkantoran KPK sebagai objek vital nasional yang dilakukan oleh pihak eksternal dimaksud.

Padahal petugas keamanan KPK dan pengamanan obyek vital Polres Jakarta Selatan yang berjaga pada saat itu, telah melakukan pelarangan dan mengingatkan kepada pihak-pihak eksternal tersebut.

“Mengingat kegiatannya dilakukan di luar waktu yang ditentukan dan tidak ada izin dari aparat yang berwenang. Namun pihak-pihak tersebut tetap melakukannya dengan berpindah-pindah lokasi,” ucap Ali.

Oleh karena itu, KPK yang merasa kinerjanya terganggu menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Polres Jakarta selatan untuk menindaklanjutinya. “Kami berharap kepada semua pihak untuk senantiasa tertib dan menjaga kenyamanan lingkungan,” tegas Ali.(Jp)

Editor: Muhammad Faiz

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.