Pemda se Kepri Diajak Raih Prestasi Pariwisata

Gubernur Kepri Ansar Ahmad.(Foto Ist)

PROKEPRI.COM, BATAM – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad mengajak seluruh insan pariwisata, masyarakat, dan pemerintah daerah se-Kepri untuk bersatu meraih kembali prestasi sebagai nomor dua terbesar untuk kunjungan wisata se-Indonesia.

Status PPKM Level 1 yang diberikan saat ini menjadi semangat pembuka jalan ke arah itu.

“Kita perlu bersyukur pemerintah pusat telah menetapkan Kepri PPKM level 1. Ini merupakan modal dan jalan bagi kita untuk kembali menggerakkan sektor pariwisata. Saya mengajak seluruh pemerintah daerah se-Kepri memikirkan dan membantu bergeraknya kembali sektor pariwisata ini sehingga kejayaan dulu bisa kita raih kembali,” kata Ansar.

Ansar memberikan arahan usai menyaksikan Pengukuhan Pengurus PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Badan Pimpinan Daerah Kepri, Sabtu, 9 Oktober 2021 di Hotel Aston Batam. Ketua PHRI BPD Provinsi Kepri, Jimmi Ho dikukuhkan oleh Ketua Umum PHRI, Hariyadi B Sukamdani bersama pengurus lainnya untuk periode 2021-2026.

Tidak itu saja, kata Ansar, menteri terkait telah disurati untuk menyampaikan permohonan membuka kembali jalur penerbangan dan pelabuhan Internasional agar memudahkan turis mancanegara masuk ke Kepri.

Seluruh insan pariwisata juga diminta untuk mempersiapkan diri menyambut keputusan pemerintah pusat apabila permohonan tersebut disetujui.

Dia juga mengajukan permohonan untuk masuk ke Batam tidak lagi menggunakan swab PCR tetapi cukup dengan antigen saja dengan syarat telah melakukan vaksinasi ke-2 dan memenuhi kriteria dalam aplikasi PeduliLindungi. Sementara untuk antardaerah dalam provinsi tidak lagi memakai antigen. Begitu juga dengan masa karantina, diminta diperpendek dari 8 hari menjadi 5 hari.

“Mudah-mudahan Senin besok sudah ada keputusan dari pemerintah pusat. Saya minta seluruh insan pariwisata mulai mempersiapkan diri, mempersiapkan paket-paket wisata yang murah dan terbaru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Ansar mengakui dari beberapa sektor ekonomi lainnya, sektor pariwisata yang masih lambat pergerakannya. Relaksasi berupa insentif seperti yang diminta PHRI tidak bisa dipenuhi secara menyeluruh oleh pemerintah karena terbatasnya keuangan daerah.

Kendati begitu, Ansar berjanji akan memberi bantuan dalam bentuk lain seperti kemudahan dalam pengurusan perizinan dan berbiaya murah serta dengan waktu cepat.(r/faiz)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.