20 Organisasi Terdaftar di Bakesbangpol Natuna

PROKEPRI.COM, NATUNA – Sebanyak 20 organisasi terdiri dari Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), Organisasi Keagamaan maupun organisasi lainnya, terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemerintah Daerah, Kabupaten Natuna.

Hal itu di sampaikan Muchtar Ahmad, selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Bakesbangpolda) Kabupaten Natuna, saat di temui oleh awak media di kediamannya di Jalan H. Adam Malik, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Selasa (18/05/2021) siang.

“Sesuai dengan adanya Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan, yang ditetapkan oleh Pemerintah pada tanggal 21 Juli 2017 lalu,” ungkap Muchtar.

Muchtar tidak menampik masih banyak organisasi di Natuna yang tidak terdaftar. Hal tersebut ia sinyalir akibat adanya Permendagri tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan, yang ditetapkan oleh Pemerintah pada tanggal 21 Juli 2017 lalu.

“Permendagri tersebut diduga menjadi salah satu penyebab beberapa organisasi tidak mengurus ulang pendaftaran organisasinya, kepada Pemerintah,”bebernya.

Jika ada organisasi yang masih ingin mendapatkan pembinaan dan bekerjasama dengan Pemerintah, Muchtar mengingatkan harus mendaftarkan lewat Kemendagri.

“Nanti kita yang bantu input datanya dari Kabupaten dan Provinsi,” pesannya.

Muchtar mengakui bahwa beberapa organisasi kemasyarakatan, kepemudaan dan organisasi lainnya yang ada di Kabupaten Natuna, sampai saat ini di nilainya masih cukup aktif.

“Alhamdulillah organisasi yang ada saat ini masih aktif, dan kita juga masih sering berkoordinasi ke mereka. Misalnya jika ada permasalahan di tengah masyarakat, kita masih sering bekerjasama,” ucapnya.

Muchtar melanjutkan, meski secara hukum, banyak organisasi yang tidak lagi aktif secara administrasinya, namun secara defacto organisasi-organisasi tersebut masih memiliki kontribusi dan peran dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Natuna.

“Kami percaya mereka semua memiliki kiprah yang sangat baik dalam membantu Pemerintah. Mereka tetap memberikan sumbangsih untuk bangsa dan negara,” sebut Muchtar Ahmad.

Hendra Kusuma selaku Pelaksana Harian (Plh) Bupati Natuna, menagatakan, kehadiran setiap organisasi di rasa sangat membantu Pemerintah dalam menciptakan Kamtibmas serta ikut mengisi pembangunan daerah, sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya masing-masing.

“Kami mengajak kepada seluruh organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan maupun organisasi lainnya yang ada di Kabupaten Natuna, untuk bersama-sama membantu Pemerintah dalam membangun daerah yang kita cintai ini, sesuai peran dan kemampuan kita masing-masing,” ajak Hendra Kusuma.(adv)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.