Dishub : Cukup Izin Olah Gerak

Kabid Angkutan Pelayaran dan Penerbangan Dishub Kepri, Tri Musa Yudha. Foto prokepri

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melalui Kabid Angkutan Pelayaran dan Penerbangan, Tri Musa Yudha menegaskan bahwa kapal Bintan Best 2, Bintan Best 3, Bintan Best 5 dan Marina Skrikandi 3 tidak memerlukan izin-izin Trayek Rencana Pelayaran Kapal.

“Kalau Kapal Ferry seperti yang digunakan oleh pihak Bintan Agro itu, tidak perlu menggunakan izin trayek, sebab mereka bukan suatu badan usaha, melakukan fasilitas penunjang yang dimiliki oleh manajemen hotel,” kata Tri dikantornya, Kamis, (28/11/2019).

Tri meminta kapal yang digunakan oleh pihak Bintan Agro tersebut cukup memiliki izin olah gerak yang dikeluarkan oleh pihak KSOP, mengingat mereka beroperasi bukan dari pelabuhan ke pelabuhan.

“Izin usaha Pengangkutan itu diberikan pemerintah jika mereka memiliki trayek tetap, misalkan antar Kabupaten atau Kota dalam wilayah Provinsi, seperti Tanjungpinang-Batam, atau Tanjungpinang-Lingga. maka Izin tersebut disebut surat izin usaha pelayaran angkutan laut (SIUPAL), kalau trayeknya dalam Kabupaten Kota, maka pemerintah Kabupaten/Kota yang mengeluarkan, jika antar Kabupaten/Kota, maka Provinsi yang mengeluarkan izin tersebut,” jelasnya.

Kapal-kapal Ferry yang digunakan oleh Bintan Agro, lanjut Tri merupakan fasilitas pendukung dalam pengembangan usaha perhotelan

“Fasilitas penunjang itu sama dengan yang dimiliki oleh beberapa hotal, seperti di mobil untuk antar jemput tamu, itukan gak perlu izin trayek lagi,” tutupnya.(sueb)

Editor : yan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.