Ekonomi Kepri Triwulan I Tahun 2016 Melambat

-Hanya 4,58 Persen

Plt Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun saat kunjungi pasar puan Kabupaten Karimun. Foto Batam Pos

Plt Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun saat kunjungi pasar puan Kabupaten Karimun. Foto Batam Pos

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau (Kepri) Triwulan I tahun 2016 hanya 4,58 persen melambat dibandingkan triwulan yang sama pada tahun 2015 lalu.

“Tahun ini tumbuh hanya 4,58 persen melambat dari tahun lalu,” kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Dumangar Hutahuruk di Tanjungpinang, Sabtu (7/5).

Dumangar memaparkan, perekonomian Kepri Triwulan I tahun 2016 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp53,14 triliun atas dasar harga konstan 2010 mencapai
Rp39,70 triliun.

Ekonomi Kepri Triwulan I tahun 2016 tumbuh 4,58 persen (y-on-y) melambat dibanding triwulan I tahun 2015 sebesar 6,83 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 17,51 persen. Dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Konsumsi Rumah Tangga sebesar 6,30 persen.

“Ekonomi Kepri triwulan I-2016 terhadap triwulan sebelumnya mengalami kontraksi sebesar 0,38 persen. Dari sisi produksi, hal ini disebabkan oleh melemahnya lapangan usaha industri pengolahan dan konstruksi yang merupakan penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau,” terang Dumangar.

Dumangar mengatakan, dari sisi pengeluaran disebabkan oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintah. PDRB Kepri pada triwulan I-2016 memberikan kontribusi sebesar 7,97 persen pada PDRB Regional Pulau Sumatera.(***)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan