BINTANKEPRI

Masuk Nominasi, Bupati Bintan Roby Paparkan Keterbukaan Informasi

Menuju Upakarti Artheswara Tinarbuka

Bupati Bintan Roby Kurniawan yang turut didampingi Komisi Informasi Provinsi Kepri foto bersama usai melakukan presentasi terkait keterbukaan informasi dan pelayanan publik yang langsung dilakukan pendalaman oleh Kemendagri, Kemenpan-RB dan Komisi Informasi Pusat, di Hotel Atria Serpong, Jakarta, Senin (27/03/2023). Foto Ist

PROKEPRI.COM, BINTAN – Bupati Bintan Roby Kurniawan yang turut didampingi Komisi Informasi Provinsi Kepri melakukan presentasi terkait keterbukaan informasi dan pelayanan publik yang langsung dilakukan pendalaman oleh Kemendagri, Kemenpan-RB dan Komisi Informasi Pusat, di Hotel Atria Serpong, Jakarta, Senin (27/03/2023)

Pemerintah Kabupaten Bintan masuk dalam 15 besar Kabupaten/Kota yang berada pada nominasi untuk melakukan pemaparan Anugerah Tinarbuka Tahun 2023 sebagai penghargaan dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah mengimplementasikan keterbukaan informasi dalam pelayanan publik.

Dalam hasil penilaian administrasi, Bintan bertengger di posisi ketiga dengan nilai 67,64 dan berada di bawah Kota Samarinda dan Kota Mataram. Tahap selanjutnya

“Bintan berusaha menyajikan berbagai informasi sesuai dengan yang diamanahkan Undang-Undang. Wilayah kami yang terdiri dari pulau-pulau bahkan lebih 90 persennya adalah lautan, justru menjadi semangat untuk kami berbuat lebih agar masyarakat kami bisa menerima informasi terkait apapun,” papar Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat melakukan presentasi.

Roby kemudian menyajikan berbagai inovasi maupun aplikasi-aplikasi andalan yang saat ini dimiliki Bintan untuk memprakarsai keterbukaan informasi. Dikatakannya Bintan bertekad bahwa semua informasi dapat diakses dan berada dalam genggaman.

“Kita sudah launching portal bintankuindonesia yang dalam waktu dekat akan berbasis mobile jadi bisa diinstall di smartphone. Semua terintegrasi di sana, jangankan investasi yang ada di Bintan, akomodasi, hotel, destinasi, UMKM, bahkan stok darah pun bisa dicek langsung didalamnya,” ujar Roby saat ditemui usai paparan presentasi.

Hasil dari seluruh tahapan ini nantinya akan diumumkan pada Mei mendatang bertepatan dengan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) yang ditandai dengan disahkannya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selanjutnya Kabupaten/Kota terpilih akan menerima penghargaan berupa plakat Upakarti Artheswara Tinarbuka yang dijadwalkan akan digelar di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Keterbukaan informasi menurut Undang-Undang merupakan hak setiap orang menjadi fokus setiap Badan Publik yang bersentuhan dengan masyarakat. Untuk itu Komisi **

Editor: yan

Back to top button