Zakimin Dukung KKP Jadikan Natuna sebagai KEK Perikanan

Kadis Perikanan Natuna Zakimin

PROKEPRI.COM, NATUNA – Kepala Dinas Perikanan Natuna, Zakimin mengatakan dirinya sangat mendukung Menteri Kelautan dan Perikanan, untuk menjadikan Natuna sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kelautan.

Dengan demikian, Zakimin menambahkan perikanan budidaya dan pengolahan serta pemasaran produk perikanan nantinya akan mampu menjadikan Natuna, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

“Dengan adanya sentral integarsi bidang kelautan dan perikanan di Natuna akan mempercepat kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan,” kata Zakimin, kepada media ini, Jumat (11/6/2021) kemarin.

Sementara itu Bupati Natuna, Wan Siswandi juga mendukung dengan hal tersebut. Kata Siswandi, pihaknya akan terus mendorong agar sektor perikanan Natuna, lebih meningkat dan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD).

“Keinginan pemerintah pusat, ingin menjadikan Natuna kawasan KEK Perikanan akan kita dorong terus. Kedepan Selat Lampa itu kita ingin dijadikan tempat pelelangan ikan. Kapal – kapal yang menangkap ikan di laut Natuna harus menimbang ikan disana. Jadi kita bisa tau seberapa banyak ikan yang ditangkap di laut kita,” ujar Siswandi, kepada awak media beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, pemerintah daerah tidak punya wewenang dalam pengelolaan hasil laut tersebut. Sebab, ucap lelaki asal Sungai Ulu itu, bahwa wewenang daerah sangat terbatas, dari bibir pantai sampai 4 mil.

Sementara, 4 mil hingga 12 mil laut sudah wewenang Provinsi, dan 12 mil ke atas merupakan wewenang pemerintah pusat.

“Maka dengan ditetapkan sebagai kawasan KEK Perikanan, kita bisa menambahkan beberapa aturan agar daerah punya wewenang lebih dalam mengelola hasil laut, terutama masalah hasil jual tangkapan nelayan baik nelayan lokal maupun nelayan luar,” tutur Siswandi.(rud)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.