KEPRITANJUNGPINANG

Tragedi Pompong Tenggelam, DPRD Kepri Segera Panggil KSOP dan Dishub

ilustrasi kapal tenggelam
ilustrasi kapal tenggelam

PROKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri akan memanggil Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan-KSOP (KSOP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) dalam waktu dekat ini, terkait peristiwa tenggelamnya kapal pompong rute Tanjungpinang-Penyengat pada Minggu (21/8) baru-baru ini yang merenggut belasan nyawa.

Melalui Asep nurdin anggota komisi III DPRD Kepri menegaskan bahwa belajar dari peristiwa yang merenggut belasan korban jiwa dari angkutan laut (kapal pompong) itu, agar setiap lembaga dan petugas yang berkompeten mempersiapkan segala bentuk keamanan saat beroperasi.

“Untuk itu kita segera akan memanggil pihak – pihak tersebut. Dan saat ini agenda pemanggilan itu sedang disusun,” kata Asep, kemaren.

Menurut dia, peristiwa kali ini, merupakan suatu bentuk kelalain dari pihak – pihak yang memiliki kompeten di pelabuhan.

Asep juga tidak menapik, bahwa faktor cuaca juga sanggat berpengaruh dalam pengoerasian angkutan khususnya di laut. Untuk itu perlu adanya peran yang konkrit dalam bertugas bagi setiap lembaga terkait.

“Kita minta KSOP agar kedepan memberikan keamanan dan terus berjaga serta memantau setiap angkutan laut yang akan beroperasi. Hal itu guna mencegah hal – hal yang tidak diingginkan seperti yang dialami saat ini,” pinta Asep.

Dalam himbauannya politis partai Hanura ini menyerukan agar fungsi pengawasan dijalankan bagi petugas yang berada diwilayah pelabuhan.

“Bentuk pengawasan ini seperti selalu menempatkan petugas dipelabuhan, tidak terkecuali di Pelabuhan Kuning dan Pelabuhan Puau Penyengat,” pungkasnya. (Reski Muralino)

Tinggalkan Balasan

Back to top button